8 Fakta Menarik Mengenai Gunung Rinjani

Siapa yang tidak kenal gunung Rinjani? Gunung yang terletak di pulau Lombok ini memang sudah lama menjadi destinasi 'anak gunung' atau kelompok pecinta alam. Keindahan alamnya membuat gunung ini banyak diincar oleh para pendaki gunung.
Ada 8 fakta menarik mengenai gunung Rinjani. Fakta mengenai gunung Rinjani, Lombok, adalah sebagai berikut:

1. Gunung Rinjani adalah urutan kedua dalam Seven Summit of Indonesia atau tujuh gunung tertinggi di Indonesia. Dan Gunung Rinjani masuk sebagai gunung vulkanik aktif.
2. Gunung Rinjani memiliki 'anak gunung Rinjani' yang juga berkategori gunung berapi aktif. Anak gunung Rinjani bernama Gunung Barujari, namun ada juga yang menyebutnya anak gunung rinjani.

3. Jika Semeru memiliki Danau Ranukumbolo, maka Gunung Rinjani memiliki Danau Segara Anak. Lama perjalanan dari pos pertama hingga tiba di danau segara anak selama 7 jam bisa terbayar seketika saat tiba di danau ini.
4. Gunung rinjani sedang dalam proses pendaftaran Global Geopark oleh Unesco.

5. Ada dua jalur pendakian resmi gunung rinjani, yaitu jalur senaru dan jalur sembalun. Para pendaki biasanya memilih salahsatu jalur untuk rute naik, dan kemudian mengambil jalur yang lain saat turun. Tujuannya tentu agar mendapatkan pemandangan yang berbeda.
6. Wacana pembuatan kereta gantung di Gunung Rinjani sudah lama bergaung. Dengan adanya kereta gantung ini, tentu memudahkan masyarakat non pendaki untuk bisa naik ke puncak gunung rinjani nantinya. Dampak positifnya, tentu makin banyak orang yang datang dan menikmati gunung rinjani. Nah, dampak negatifnya, tentu makin banyak sampah dan kerusakan alam dan tanaman yang nantinya akan terjadi akibat banyaknya masyarakat non pendaki yang naik ke puncak rinjani.

7. Puncak gunung semeru sering disebut puncak mahameru. Nah, puncak gunung rinjani sering disebut Puncak Dewi Anjani.
8. Gunung rinjadi dinobatkan menjadi gunung dengan jalur pendakian yang paling Indah di Asia Tenggara.

Demikian adalah sekelumit tentang hal unik mengenai gunung rinjani. Semoga Artikel ini bisa menambah wawasan dan menghibur anda semua. Mari kita sama-sama jaga keindahan alam negara kita.  Terima kasih.

0 Response to "8 Fakta Menarik Mengenai Gunung Rinjani"

Post a Comment